Sabtu, 14 November 2009

Karakter Warna

WARNA ada di mana-mana dan sejak dulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan berhasil dimanfaatkan secara luas. Tiap warna mempunyai karakter atau sifat yang berbeda-beda. Misalnya warna biru-tua, melambangkan keadaan yang tenang dan lemah lembut. Sedangkan kuning-terang, melambangkan harapan dan aktivitas. Berikut ini karakter warna yang dalam.

BIRU TUA
Melambangkan perasaan yang dalam.
Sifat : konsentrasi, pasif, bekerjasama, dapat menerima, perasa, cerdas, dan bersatu.
Pengaruh : tenang, cepat puas, lemah lembut, bijaksana, pengasih dan penyayang, tidak mudah tersinggung, dan banyak kawan.

BIRU HIJAU
Melambangkan elastisitas keinginan.
Sifat : konsentrasi, pasif, bertahan, bergerak sendiri, senang menguasai miliknya, dan tidak berubah akal.
Pengaruh : teguh dan kokoh, mempertahankan miliknya, suka ngotot, keras kepala, sering bangga diri, dan berpendirian tetap.

MERAH ORANYE
Melambangkan kekuatan kemauan.
Sifat : eksentrik, aktif, agresif, dan bersaing.
Pengaruh : berkemauan keras, penuh gairah, senang menguasai, dan jantan.

KUNING TERANG
Melambangkan spontanitas eksentrik.
Sifat : eksentrik, aktif, menonjol, maju, toleran, berkemauan, dan senang menyelidik.
Pengaruh : berubah-ubah sikap, berpengharapan, asli, riang, dermawan, sukses, dan tidak percaya.

ABU-ABU
Warna Abu-abu tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologis. Warna abu-abu cenderung netral.

BIRU
Warna Biru Tua melambangkan ketenangan yang sempurna. Warna ini mempunyai efek menenangkan saraf pusat, tekanan darah, denyut nadi, tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.

HIJAU
Warna Hijau melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari orang lain. Orang yang memiliki warna ini, mempunyai sifat yang senang dipuji, senang menasehati orang lain.

MERAH
Warna Merah melambangkan kondisi psikologis yang menguras tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini juga mempunyai daya dorong kerja ke arah kerja aktif, memenangkan pertandingan, perjuangan, persaingan, erotisme, dan produktivitas.

KUNING
Melambangkan Kegembiraan. Warna ini juga mempunyai sifat longgar dan santai, senang menunda-nunda masalah. Tapi ia mempunyai cita-cita setinggi langit, semangatnya juga tinggi, berubah-ubah tapi penuh harapan.

UNGU
Ungu adalah campuran warna Merah dan Biru. Menggambarkan sifat "gempuran" keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus kepengertian yang dalam dan peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.

COKLAT
Warna Coklat seringkali menunjukkan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan masa depan.

HITAM
Melambangkan kehidupan yang terhenti dan karenanya memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakan, dan kepunahan.


[sumber artikelnya gue ambil dari Buku Pintar Seri Senior Cetakan ke-36]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar